Thursday, July 1, 2010

Pilkada! Dan, Piala Dunia pun Ditunda

Oleh Udo Z. Karzi

JANGAN bilang pemilihan kepala daerah (pilkada) tidak menarik. Buktinya begitu enam kabupaten/kota di Lampung: Bandar Lampung, Metro, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, dan Way Kanan menyelenggarakan pemungutan suara serentak, Rabu, 30 Juni 2010; panitia Piala Dunia langsung "istirahat" menunda jadwal pertandingan delapan besarnya dua hari.

"Negara-negara peserta Piala Dunia sangat menghormati pesta demokrasi di daerah ini. Mereka memberi kesempatan kepada penonton sepak bola untuk 'menonton' pilkada," kata Mat Puhit dengan ngawurnya.

"Hahaa... Ngaco. Pilkada itu bukan tontonan. Sebagai warga negara yang baik seharusnya kan ikut memilih," serobot Mat Puhit.

"Tidak sekadar menonton, mereka berbondong-bondong ke TPS untuk memberikan suara. Golongan putih (golput) memang ada, tetapi yang ikut memilih cukup tinggi kok," celetuk Pithagiras sok tahu.

Kondisi ini kan menjadi paling tidak menunjukkan Piala Dunia dan pilkada sama-sama menarik. Bahkan, lebih menarik pilkada," Minan Tunja.

Pengamat boleh saja membanding-bandingkan Piala Dunia dan pilkada. Nyatanya pilkada memang sangat menarik. Minimal sama menariknya dengan Piala Dunia. Sama-sama penuh kejutan. Hasilnya sungguh tidak disangka-sangka.

Udien yang baru saja datang dari liputan datang dengan ngos-ngosan.

"Gimana hasil quick qount?" tanya Minan Tunja.

"Nggak nyangka kok dia yang bisa menang."

"Masa petahana bisa kalah? Tadi kan banyak orang yang yakin petahana pasti memang karena sudah punya 'modal' untuk memenangkan pertarungan."

"Ini kan menarik."

"Iya menarik. Pilkada pun ternyata penuh kejutan. Kandidat unggulan malah keok. Gimana tuh?"

"Calon gua dukung menang..."

"Jago lu kalah..."

Mamak Kenut yang tidak ikut pilkada karena menganggap tidak ada calon yang menarik hatinya, nggak mau kalah langsung berdiri, "Saya menang. Sebab, semua calon saya dukung. Dengan begitu, siapa pun yang menang saya ikut merasakan kemenangannya."

Mengejutkan! Ternyata pilkada itu menarik juga.


Lampung Post
, Kamis, 1 Juli 2010

No comments:

Post a Comment