Tuesday, July 12, 2016

Kebawa Hobi Bolos

Oleh Udo Z Karzi


LIBUR dan cuti bersama sepanjang sembilan hari semasa Idulfitri, rupanya tetap saja tak cukup bagi bagian pegawai negeri.Maka, ada 5% dari 2.000-an pegawai Pemerintah Provinsi Lampung tak masuk kerja pada hari pertama kerja selepas Lebaran.

Tingkat kehadiran saat apel di Pemerintah Kota Bandarlampung hanya 90% dari 12.000 amtenar. Untungnya Pak Wali Herman HN baek, sehingga bisa maklum. "Ya, kan macet sana macet sini ya kita harus maklumlah," ujarnya.

Di Lampung Timur, Bupati Chusnunia Chalim harus kecewa saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) karena masih saja ada PNS yang tak nongol ke kantor mereka. “Seharusnya para kepala SKPD bisa memberikan peringatan keras kepada bawahannya yang kurang disiplin dalam bekerja,” tegas Chusnunia.

Tak ada ampun untuk PNS malas. Akibat bolos di hari pertama kerja setelah Idulfitri, belasan pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) dikenai sanksi berupa surat peringatan pertama (SP1). Pemberian SP1 ini saat Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan melakukan sidak di sejumlah dinas.

***

Apa pun alasannya, sulit menoleransi sikap tidak disiplin aparat pemerintah ini. Bukankah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah meminta kepada seluruh pimpinan instansi pemerintah, termasuk bagi Panglima TNI dan Kapolri, agar tidak memberikan izin cuti tahunan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), setelah pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1437H pada 11–15 Juli mendatang.

“Cuti bersama hari raya sudah cukup memadai, yaitu selama sembilan hari kalender (2–10 Juli),” kata Yuddy seperti dilansir Setkab, Senin (27/6/2016).

Jadi, kenapa tetap bolos? Ah, mestilah karena tradisi (buruk). Kebiasaan bolos setelah Lebaran atau di hari-hari kerja lain agaknya sudah menjadi penyakit menahun yang selalu saja berulang.

Jelaslah, disiplin itu sejatinya sudah melekat dalam sikap hidup setiap orang. Akan halnya kedisplinan aparatur pemerintah, agaknya semua sudah mafhum...

Hmm, jangan-jangan amtenar yang suka bolos ini kebawa hobi bolos waktu masih sekolah dulu deh. []


~ Fajar Sumatera, Selasa, 12 Juli 2016

No comments:

Post a Comment