Saturday, July 26, 2014

Sebentar Lagi Lebaran

Oleh Udo Z. Karzi


SEBENTAR lagi Lebaran. Kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera mulai memenuhi Pelabuhan Merak, Banten, pada H-4. Sempat terjadi antrean kendaraan yang mengular hingga 6 kilometer mulai dari pintu gerbang pelabuhan hinggal Tol Merak. Selain kendaraan roda empat, kendaraan roda dua juga mulai memadati pelabuhan penghubung Pulau Jawa dan Sumatera itu.

Sebentar lagi Lebaran. Pasangan capres-cawapres bersiap menyusun kabinetnya. Namun, sejauh ini, baru kriteria menjadi anggota kabinet yang disebut.

Lalu, PDIP pun secara resmi menggugat hasil revisi Undang-Undang No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) ke Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (24/7). Gugatan tersebut disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Hukum Trimedya Panjaitan dan didampingi kuasa hukumnya, Andi M. Asrun.

Di lain pihak, tim advokasi Merah Putih untuk perjuangan keadilan mengadukan komisioner KPU dan Bawsaslu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kamis (24/7). Pengaduan kubu pendukung calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa diterima langsung anggota DKPP, Nur Hidayat Sardini, di kantor DKPP, Jakarta.

Sembari itu, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa membuat permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi, Jumat (25/7/2014). Tidak tanggung-tanggung, mereka telah menyiapkan bukti hingga sepuluh truk untuk memperkuat laporan tersebut.

Sebentar lagi Lebaran. Data korban yang dikeluarkan UNHCR menyebut total korban akibat operasi militer Israel atas Jalur Gaza selama 17 hari terakhir telah membunuh 732 warga Palestina. Sebagian besar adalah korban sipil, termasuk 147 anak-anak.

Motif pembunuhan terhadap Ispandi, bendahara pengeluaran Inspektorat Kabupaten Tanggamus dan keluarganya mulai terkuak. Penyidik Polda Lampung mencurigai seseorang yang belum disebutkan namanya terlibat dalam pembunuhan keji tersebut.

Sebentar lagi Lebaran. Dua terdakwa korupsi pengadaan alat tangkap ikan (kapal) di Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus senilai Rp516,2 juta divonis berbeda. Affandi Abdul Rohim (54), pegawai negeri di Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus, divonis 2 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Sementara Toni Safari (54), direktur CV Puyangan, dijatuhi hukuman 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Polres Lampung Barat menetapkan lima tersangka dari 11 yang ditangkap dalam penggerebekan judi remi, Rabu (23/7). Kelima tersangka itu adalah Hapzon, pejabat eselon III di Lambar, Rahman (wiraswasta), serta Wendi dan Kuswanto (keduanya angggota DPRD Lambar). Satu lagi, Ks, yang kabur saat penggerebekan.

Lebaran sebentar lagi. Peserta salat Tarawih di masjid makin berkurang. Jumlah yang tidak berpuasa justru meningkat pesat. Pasar, toko, mal semakin ramai dikunjungi.  Pakaian, makanan, minuman, dan berbagai barang dan jasa makin laris manis. Semua bergegas, takut tak kebagian, takut ketinggalan. Semua demi Lebaran.  

Tapi, sebanyak 15 karyawan Hotel Ria di Jalan Kartini, Bandar Lampung, mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bandar Lampung, Kamis (24/7), mengadukan hak-hak mereka, yaitu tunjangan hari raya (THR) yang belum dibayarkan.

Duh, sebentar lagi Lebaran... n


Lampung Post, Sabtu, 26 Juli 2014

No comments:

Post a Comment